Saturday, June 12, 2010

Makanan Tepat Untuk Bayi Yang Baru Lahir



Apakah Anda orangtua baru atau berpengalaman, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang kebutuhan  gizi dan pertumbuhan bayi baru lahir. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Memberikan ASI atau Susu Formula

Dalam kebanyakan kasus, ASI adalah makanan ideal untuk bayi. Menyusui memberikan manfaat fisik dan emosional bagi ibu dan bayi baru lahir, dan para ahli yang paling merekomendasikan pemberian ASI eksklusif minimal enam bulan pertama sejak bayi anda lahir.  Namun yang anda harus perhatikan adalah  menghindari memberikan bayi anda dengan  air minum biasa, jus atau cairan lainnya sebab Cairan ini terlalu dini diberikan yang dapat menyebabkan diare pada bayi anda.

Berikut Adalah petunjuk yg harus anda ingat:


  • Menyusui bayi anda sesuai permintaan si bayi. Kebanyakan bayi yang baru lahir menyusui delapan sampai 12 kali sehari: sekitar setiap dua sampai tiga jam. Dalam waktu dua sampai tiga bulan, bayi Anda mungkin puas dengan enam sampai delapan kali sehari. Akhirnya bayi Anda akan terbiasa dengan jadwal makan yang sudah dapat diprediksi, Jika Anda memberikan susu formula untuk  bayi Anda, Anda harus memberikan dalam waktu yang tidak terlalu sering karena bentuk komposisi susu formula lebih lambat di cerna dari ASI.


  • vitamin d. Jika Anda secara memberikan ASI secara eksklusif (6 bulan) atau memilih untuk menyusui bayi Anda, tanyakan dengan dokter anda tentang suplemen vitamin D untuk bayi Anda. ASI tidak dapat memberikan vitamin D cukup, yang penting untuk membantu bayi Anda menyerap kalsium dan fosfor - diperlukan untuk tulang kuat. Terlalu sedikit vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, sebuah pelunakan dan melemahnya tulang.


  • Ikuti petunjuk untuk menyusui bayi Anda. Carilah tanda-tanda awal kelaparan, seperti mengaduk dan peregangan, gerakan mengisap dan gerakan bibir. Rewel dan menangis yang merupakan isyarat. Semakin cepat Anda mulai menyusui bayi anda, semakin kecil kemungkinan Anda perlu panik menenangkan bayi Anda. Tentu saja, jangan setiap menangis anda isyaratkan bayi anda kelaparan. Kadang-kadang bayi Anda mungkin hanya perlu membersihkan popok, perubahan pemandangan atau beberapa waktu berpelukan.


  • Yakin dengan naluri - dan bayi Anda. Orangtua sering takut bahwa bayi mereka tidak makan cukup. Tapi bayi umumnya tahu berapa banyak yang mereka butuhkan. Jangan fokus pada kuantitas, frekuensi dan bagaimana bayi Anda secara teratur makan. Sebaliknya, mencari kecukupan yang lainnya seperti kewaspadaan terhadapan perkembangan kulit bayi anda yang baik dan mendapatkan kenaikan berat badan yang stabil sekitar 4-7 ons per minggu untuk bulan pertama.


  • Tahu tanda-tanda kekurangan gizi. Jika berat badan bayi anda tidak bertambah, membasahi popok kurang dari enam sampai delapan per hari atau tidak buang air besar teratur, tampak mengantuk sepanjang hari dan menunjukan gerakan ketertarikan pada makanan, ini mungkin ia tidak  mendapatkan cukup makanan. Jika Anda memiliki masalah atau mendapatkan dari tanda-tanda ini,maka segera hubungi dokter anak Anda.


  • Periksakan bayi anda secaara teratur. dokter anak Anda akan menimbang bayi Anda dan mendiskusikan makanan 48-72 jam setelah Anda dan bayi meninggalkan rumah sakit. Pastikan untuk menjaga ini dan pertemuan lain untuk mengikuti Anda dan dokter Anda dapat memonitor perkembangan bayi Anda.


  • Kuatkan ikatan antara anda dan bayi anda ketika anda memberinya makan/menyusui. Untuk bayi, makan adalah sebagai aktivitas sosial banyak sebagai salah satu nutrisi. pertumbuhan bayi Anda dan pengembangan didasarkan, sebagian pada ikatan yang kuat terbentuk selama masa menyusui. Pegang dekat bayi Anda selama makan. Lihatlah dia atau di matanya. Bicaralah dengan suara lembut. Jika Anda menggunakan botol, menahan godaan untuk menopang mulut bayi Anda sementara Anda melakukan hal-hal lain. Hal ini bisa mengakibatkan tersedak atau kerusakan gigi - dan melewatkan kesempatan untuk membangun bayi Anda rasa aman, percaya diri dan kenyamanan.







Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Informasi Kesehatan Copyright © 2010 Indoneter | Indotekhno | Enhaallah | Designed by Lasantha.