Saturday, June 12, 2010

Bikin Perut Kenyang Lebih Lama



Diet yang bisa membuat Anda kenyang dan tidak merasa lapar kedengarannya seperti mimpi. Tetapi, menurut penelitian terbaru diet tersebut akan menjadi nyata di masa mendatang. Hal tersebut berdasarkan bukti yang dikumpulkan para peneliti mengenai tingkat kepuasan pada makanan atau rasa kenyang.

Profesor Peter Rogers dari Universitas BristoI, Inggris, mengungkapkan rasa kenyang terhadap makanan merupakan fakta tanda kepuasan pada makanan. "Rasa kenyang adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin mengontrol berat badan. Jadi, Anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang bisa membuat kenyang."

Menurut penelitian pasar yang dilakukan Mintel Global Consumer, rasa kenyang pada makan merupakan faktor yang sangat penting bagi setiap orang. Sedangkan studi yang dilakukan para peneliti di Universitas California, AS, menyarankan untuk memenuhi rasa kenyang diet ala mediteria sangat dianjurkan.

Penggunaan minyak zaitun dalam masakan mediterania sangat sehat dan mengenyangkan. Minyak zaitun mengandung asam oleic yang bisa membantu mengurangi rasa lapar.

Selain itu, makanan yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama adalah yang mengandung protein. Hal itu karena protein menstimulasi hormon yang membuat perut Anda terasa 'penuh', lalu mengirimkannya ke otak.

Protein juga meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jadi, kalori dalam tubuh Anda terbakar lebih cepat. Dan, yang perlu Anda ketahui adalah protein hewani seperti daging dan ikan, lebih meningkatkan metabolisme dibandingkan dengan protein nabati yang terdapat pada sayur dan kacang-kacangan.

Untuk makanan lain, Anda bisa mengonsumsi kentang agar merasa kenyang lebih lama. Kentang mengandung zat karbohidrat yang kompleks. Hal itulah yang membuat Anda kenyang lebih lama. Selain kentang jenis roti-rotian yang berwarna putih juga bisa membuat perut Anda tahan lebih lama terhadap rasa lapar.

Tapi, hindari keripik kentang, sebab camilan ini hanya mengirim sinyal kenyang yang sedikit pada otak. Lebih baik Anda mengonsumsi kentang rebus, selain tidak mengandung minyak, akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Untuk memilih camilan sebaiknya hindari kerupuk atau makanan kecil yang mudah dikunyah. Hal itu karena makanan ringan hanya mengirim sinyal kenyang sedikit pada otak, dan Anda akan selalu ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Makanan manis yang mengandung banyak gula juga tidak membuat Anda kenyang. Malah, hanya akan membuat gula dalam darah Anda meningkat yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih makanan manis.

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Informasi Kesehatan Copyright © 2010 Indoneter | Indotekhno | Enhaallah | Designed by Lasantha.